Ciptakan Sistem Kelistrikan Ramah Lingkungan, FTUI dan PT PLN Jawa Barat 2 Jalin Kerja Sama

Pada Senin, (17/7) lalu, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) merayakan Dies Natalis ke-59. Dalam kegiatan tersebut diselenggarakan juga penandatanganan perjanjian kerja sama di   bidang   riset   dengan PT PLN Indonesia Power Jawa Barat 2 Pelabuhan Ratu. Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut dilakukan oleh Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU., dan Senior Manager PT PLN Indonesia Power Jawa Barat 2 Pelabuhan Ratu, Rizqi Priatna.

Dalam perjanjian kerja sama ini, FTUI dan PT PLN akan berkolaborasi dalam bidang Penelitian dan pengembangan teknologi energi baru terbarukan, keandalan dan efisiensi pembangkit, pengurangan emisi karbon, dan machine learning.  Hal ini akan memungkinkan FTUI untuk berperan aktif dalam mencari solusi inovatif pada isu-isu strategis yang dihadapi dalam bidang energi.

Kerja sama akademik dan riset ini merupakan bukti nyata hubungan yang tak terpisahkan dari FTUI dengan industri. Selain itu, FTUI menyediakan kesempatan bagi para praktisi untuk melanjutkan pendidikan di bidang keteknikan dan kesempatan penelitian bersama untuk menjadi wadah knowledge transfer dari FTUI kepada para praktisi dan masyarakat luas. Kolaborasi antara FTUI dan PT PLN merupakan suatu upaya bersama dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam pengelolaan sistem kelistrikan yang lebih andal, efisien, ramah lingkungan, dan mendukung program Net Zero Emission (NZE).