FTUI Bangun Gedung Interdisiplin dan Resmikan Smart Classsroom

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) melaksanakan groundbreaking ceremony pembangunan Gedung Interdisciplinary Engineering (IDE) dan peresmiaan Smart Classsroom pada Selasa (6/6), di area pembangunan Gedung IDE, FTUI, Kampus Depok. Prosesi groundbreaking tersebut diwakili oleh Sekretaris Majelis Wali Amanat, (Corina DS Riantoputra, M.Com., Ph.D., Psikolog), Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, (Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris), Dekan FTUI, (Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng. IPU.) dan Direktur Operasi PT PP Urban, (Dian Adi Cahyono.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng. IPU., Dekan FT UI menyampaikan bahwa Gedung IDE memegang prinsip keberlanjutan, fungsionalistas, dan estetika. Gedung ini akan menerpakan green engineering building. FTUI dengan tegas berkomitmen dan menjunjung integritas, dan transparansi pengelolaan dana dalam pembangunan Gedung ini.

FTUI berharap pengetahuan dan teknologi bertemu dalam Gedung IDE. Selain itu, penguatan penelitian interdispilin dijalin untuk menjawab tantangan dunia yang kompleks terkait sustainability dan energi. Nantinya, pada laahan seluas 8.169 m2 akan dibangun gedung yang memiliki 3 institusi, yaitu urban planning dan smart city, energy study, biosystem, dan bioengineering. Selain itu, Gedung IDE akan memiliki 5 advandced lab dan 1 studio capstone.

Sejak pandemi dan masuknya era new normal, FTUI membangun Gedung smart classroom. Smart Classroom adalah sebuah kelas dengan teknologi mutakhir. Mahasiswa dapat melaksanakan kuliah jarak jauh melalui kelas ini. Smart Classroom direncanakan dibangun di Gedung K, S, dan GK FTUI. Dalam Smart Clasroom tersedia smartboard, TV, perangkat audio, dan CCTV.

“Pada tahun 20202, kami berhasil mengumpulkan donasi dari orang tua mahasiswa sebesar 4 M. Dari donasi tersebut, kami dapat membangun 4 unit Smart Classroom. FTUI juga mendapatkan donasi dari 2 Smart Classroom dari GIFT. Pada tahun 2023, FTUI memiliki tiga fokus pembangunan, yaitu Gedung IDE, Smart Clasroom, dan revitalisasi gedung Enginering Center,” kata Dr.-Ing. Ir. Dalhar Susanto, Manajer Kerja sama, Ventura dan Alumni FTUI.