FTUI dan PT PLN Memulai Riset Inovasi Ketenagalistrikan

Pada Senin, (17/7) lalu, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) merayakan Dies Natalis ke-59. Dalam kegiatan tersebut diselenggarakan juga penandatanganan perjanjian kerja sama di   bidang   riset   dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero). Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut dilakukan oleh Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU., dan  General Manager PT PLN (Persero) Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan Ir. Iswan Prahastono, M.Phil.

Dalam perjanjian kerja sama ini, FTUI dan PT PLN akan berkolaborasi dalam bidang riset, pengembangan teknologi, dan penggerak inovasi di bidang ketenagalistrikan serta pengembangan kapasitas sumber daya untuk mengatasi berbagai isu strategis ketenagalistrikan. Hal ini akan memungkinkan FTUI untuk berperan aktif dalam mencari solusi inovatif pada isu-isu strategis yang dihadapi dalam bidang ketenagalistrikan.

Kerja sama pendidikan dan riset inovasi ini merupakan bukti nyata hubungan yang tak terpisahkan dari FTUI dengan industri. Selain itu, FTUI menyediakan kesempatan bagi para praktisi untuk melanjutkan pendidikan di bidang keteknikan dan kesempatan penelitian bersama untuk menjadi wadah knowledge transfer dari FTUI kepada para praktisi dan masyarakat luas. Dengan harapan dapat berdampak unggul untuk kemajuan ketenagalistrikan di Indonesia.

Kolaborasi antara FTUI dan PT PLN merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia yang berkaitan dengan ketenagalistrikan. Dari kerja sama ini diharapkan dapat diperoleh pengetahuan untuk mengembangkan teknologi baru, meningkatkan efisiensi operasional, dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya di sektor ketenagalistrikan. Selain itu, semoga kolaborasi ini menghasilkan dampak yang signifikan dalam menghadapi tantangan yang dihadapi industri ketenagalistrikan di Indonesia.