FTUI Jalin Kerja Sama dengan PT MRT Jakarta

Pada Senin, (17/7) lalu, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) merayakan Dies Natalis ke-59. Dalam kegiatan tersebut diselenggarakan juga penandatanganan perjanjian kerja sama di   bidang   pendidikan   dan   penelitian   dengan   PT   Mass   Rapid   Transit   (MRT)   Jakarta    (Perseroda). Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU., dan Direktur PT MRT Jakarta Weni Maulina. Perjanjian ini meliputi pembuatan kajian teknis panduan keselamatan kebakaran di lingkungan MRT Jakarta.

Selanjutnya, FTUI dan PT MRT Jakarta akan mengumpulkan data dan studi literatur terkait kajian tersebut. Dari data yang terkumpul, FTUI melakukan studi akademik pedoman keselamatan kebakaran dan  melakukan penyusunan kerangka pedoman keselamatan. Kolaborasi ini merupakan contoh nyata bagaimana FTUI dapat berkontribusi langsung dalam meningkatkan keselamatan masyarakat.

Sementara itu, Weni Maulina menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan langkah proaktif dan  strategis dalam memastikan keselamatan para pengguna layanan MRT Jakarta. Kajian teknis ini akan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang aspek keselamatan kebakaran yang relevan dengan sistem MRT Jakarta. Data dan studi literatur yang dikumpulkan oleh PT MRT Jakarta dan FTUI akan menjadi dasar penting dalam mengidentifikasi risiko potensial dan mengembangkan langkah-langkah pencegahan yang efektif.