FTUI Lepas Sebelas Mahasisawa Pascasarjana Double Degree ke University of Leeds

Pada Senin, (19/9) lalu, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) melepas sebelas mahasiswa pascasarjana double degree program kerja sama dengan FTUI dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan ke University of Leeds. Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui BPSDM telah melakukan kerja sama dengan UI untuk mengirimkan SDM Kementerian Perhubungan dalam rangka menempuh pendidikan magister (S2) di FTUI. Pelaksaan studi di FTUI dilaksanakan dalam bentuk double degree (DD) yang memungkinkan bagi mahasiswa untuk menempuh perkuliahan di luar negeri.

Dalam kerja sama ini, UI melalui Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan menyediakan program S2 Teknik Sipil untuk peminatan transportasi. Sementara itu, universitas luar negeri yang akan dituju adalah University of Leeds melalui Institute for Transport Studies (ITS) program magister dalam berbagai bidang keahlian transportasi. Program kerja sama yang diajukan adalah program double degree tingkat Pascasarjana di bidang Ilmu Teknik Sipil peminatan Transportasi, khususnya di bidang Transport Planning, Transport Planning and Engineering, Sustainability in Transport, Transport Planning and The Environment, Transport Economics. Program ini akan ditetapkan melalui Agreement of Implementation (Aol) yang merupakan implementasi MoU pada kategori kegiatan joint educational program di tingkat Pascasarjana.

Mahasiswa program kerja sama antara FTUI dan BPSDMP Kementerian Perhubungan, yaitu terdiri dari 20 orang karyawan Kementerian Perhubungan yang bertugas di berbagai daerah di Indonesia. Dua puluh orang mahasiswa tersebut telah menjalani masa perkuliahan di FTUI selama dua semester dan telah mengikuti program Preparation IELTS di LBI FIB UI selama enam bulan dengan mengikuti test IELTS di LBI FIB UI. Dari hasil tes IELTS tersebut yang memenuhi nilai untuk dapat melanjutkan program Double Degree di UoL, yaitu sebanyak sebelas orang mahasiswa, dan untuk sembilan orang mahasiswa yang tidak lolos double degree di UoL berstatus Single Degree di FTUI.

Program kerja sama yang dilaksanakan oleh FTUI dan BPSDMP Kementerian Perhubungan tersebut adalah program pertama atau baru di lingkungan FTUI. Oleh karena itu, kedua belah pihak melaksanakan kegiatan pelepasan untuk memberikan petuah kepada para mahasiswa yang akan berangkat ke Inggris. Kegiatan tersebut juga diharapkan dapat mempererat hubungan kerja sama antara FTUI dengan BPSDM Kementerian Perhubungan.