FTUI Resmikan Smart Classroom Hasil Kerja Sama dengan JICA

Empat bulan setelah penandatangan komitmen kerja sama, akhirnya pada Selasa (22/11) lalu, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) kembali meresmikan Smart Classroom ke-11. hasil komitmen bersama dengan  Japan International Cooperation Agency (JICA).

Smart classroom ini merupakan ruang kelas pintar yang modern dan interaktif. Formasi meja dan kursi di ruangan tersebut dapat diubah sesuai dengan model perkuliahan. Ruang kelas ini dilengkapi dengan smart board interaktif, smart TV, fasilitas poly studio, dan smart projector yang memiliki berbagai fitur canggih untuk mendukung berbagai model pembelajaran luring maupun hybrid.

Turut hadir pada acara tersebut Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU.. Ketua Senat Akademik Fakultas FTUI, Prof. Kemas Ridwan Kurniawan, ST., M.Sc., Ph.D., Ketua Dewan Guru Besar FTUI, Prof. Ir. Yulianto Sulistyo Nugroho, M.Sc., Ph.D., beserta jajaran pimpinan FTUI, JICA Senior Advisor, Hiroyuki, JICA Expert, Ryotaro Takano,  Senior Representative JICA Indonesia, Honzu Shigeo, dan Representative JICA Indonesia, Nakajima Tsuyoshi, serta undangan lainnya.

Prof. Heri pada sambutannya menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 memberikan perubahan pada proses belajar mengajar. Kini, perkuliahan tidak harus dilakukan secara tatap muka, namun bisa menjadi virtual. FTUI ingin membuka kesempatan bagi dosen dan mahasiswa untuk tetap dapat beraktivitas di kampus dalam berbagai kondisi melalui perkuliahan secara luring, daring, maupun hybrid.