FTUI Terima 33 Mahasiswa Pascasarjana Program Kerja Sama dari Berbagai Institusi

Pada Senin, (26/9) lalu, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menyambut 33 mahasiswa baru program kerja sama dengan berbagai institusi di Indonesia. Ada lima institusi yang mengikuti program pascasarjana kerja sama pendidikan, yaitu Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (10 mahasiswa), Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (8 mahasiswa), Korps Lalu Lintas Polri (7 mahasiswa), Universitas Gunadarma (1 mahasiswa), dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) (7 mahasiswa). Dalam acara sambutan ini, para perwakilan dari setiap institusi menyampaikan arahan untuk mahasiswa baru.

“Ini merupakan kerja sama pendidikan kedua Kementerian Perhubungan dengan FTUI. Beberapa waktu lalu, kami telah memberangkatkan mahasiswa kerja sama angkatan pertama ke University of Leeds. Dalam rangka meningkatkan kompetensi SDM dalam bidang transportasi, kami kembali memberi kesempatan kepada 10 pegawai Kementerian Perhubungan untuk belajar transportasi selama satu tahun di UI dan satu tahun di University of Leeds. Pendidikan lanjutan ini diharapkan menambah ilmu dan pengalaman dalam bidang transportansi bagi pegawai kami. Saat kuliah di University of Leeds, pengalaman yang didapatakan dapat diimplemntasikan Indonesia,” kata Dr. Siti Maimunah, S.Si., M.S.E., M.A., Kepala Bidang Pendidikan Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan.

Selanjutanya, Kepala Korlantas Kepolisian Republik Indonesia, Irjen Pol Drs Firman Shantyabudi, M.Si memberikan pesan bagi para mahasiswa baru program kerja sama ini. Beliau menyampaikan bahwa kini pendekatan multidisiplin diterapkan saat ini dan mahasiswa diharapkan tidak berhenti belajar berbagai bidang ilmu. Dekan Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma, Prof. Dr.-Ing. Adang Suhendra, S.Si., S.Kom., M.Eng juga berpesan bagi mahsiswa baru bahwa kendala yang dihadapi saat belajar walau berat harus dilewati. Kendala itu akan membawa mahasiswa menjadi lebih baik di masa depan.

“Saya percaya putra-putri terbaik bangsa dan di bahu Anda ada masa depan Indonesia. Tujuan akademik bukan hanya gelartapi diimbangi kualitas pengetahuan dan pengalaman. Program Degree by Research akan memperluas pembelajaran, kolaborasi riset, dan inovasi riset. Dalam lanjutanya itu, budaya penelitian. ditumbuhkembangan secara berkesinambungan,” kata Prof. Dr. Ratno Nuryadi, M. Eng, Kepala Organisasi Riset Nanoteknologi dan Material (ORNM), BRIN melanjutkan sambutan dari perwakilan institusi.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU. menutup acara penyambutan mahasisawa baru ini dengan seremoni pemberian jaket kuning kepada mahasiswa baru. Pendidikan pascasarjana program kerja sama ini diarahkan untuk memperoleh engagement global dan para mahasiswa dapat memanfaatkan ilmu  serta jejaring yang ada untuk memberi dampak bagi Institusi dan Indonesia.