Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Donasi Ventilator UI COVENT-20 antara Yayasan Adaro Bangun Energi dan Fakultas Teknik Universitas Indonesia

Pada hari Rabu tanggal 20 Mei 2020 telah di adakannya acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) yang di tandatangani oleh Okty Damayanti selaku Ketua Umum Yayasan Adaro Bangun Energi, Adjie Sapta selaku Ketua  Yayasan Adaro Bangun Energi dan Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono,M.Eng selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia.  Yayasan Adaro Bangun Energi memberikan donasi berupa dana sebesar Rp. 2.500.000.000,- kepada FTUI untuk pembuatan Ventilator Transport Darurat COVENT-20. UI menargetkan akan memproduksi 1000 ventilator dalam waktu satu bulan untuk diserahkan kepada RS rujukan COVID-19 di seluruh Indonesia.

Ventilasi multimode COVENT-20 adalah Mode Continuous Positive Airway Pressure (CPAP) digunakan untuk pasien PDP yang biasanya masih sadar, jadi hanya perlu dibantu diberikan oksigen ke paru-paru, sedangkan mode Continuous Mandatory Ventilation (CMV) digunakan untuk pasien positif Covid-19 dengan gejala pneumonia berat yang tidak dapat mengatur pernafasannya, sehingga perlu dikontrol dengan mode CMV. Ventilator ini juga dilengkapi Positive End Expiratory Pressure (PEEP).

Keunggulan COVENT-20 adalah biaya produksi yang lebih hemat, compact, portable, hemat energi, serta mudah dioperasikan sehingga aman bagi PDP maupun pasien positif Covid-19 untuk perjalanan dari rumah atau ruangan observasi ke ruangan isolasi.

Tim Ventilator UI merupakan kolaborasi dari para peneliti di FTUI, FKUI, Rumah Sakit UI (RSUI), Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta II Jurusan Teknik Elektromedik dan RSUP Persahabatan Jakarta.

Tim Ventilator UI mengembangkan COVENT-20 sebagai Ventilator Transport kreasi anak negeri yang rendah biaya dengan sistem pneumatik di tengah keterbatasan stok ventilator impor dengan kondisi pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia.

Inovasi karya UI ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan ventilator rumah sakit di Indonesia.